PENERAPAN METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN NURULIMAN KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS
Kata Kunci:
Penerapan, Metode Tartil, Meningkatkan, Membaca, Al-Qur’anAbstrak
Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan, sehingga sangat penting untuk membaca dan mempelajarinya. Dalam membaca Al-Qur'an haruslah sesuai dengan makhrijul huruf serta hukum tajwidnya sehingga arti atau kandungan ayat yang dibaca pun sesuai. Namun dalam kenyataan saat ini mash banyak masyarakat baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa belum fasih atau belum sesuai dalam pembacaan Al-Qur'annya sehingga diperlukan metode yang tepat dalam mempelajarinya. (Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Tartil di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Metode Tartil di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Data, dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori, sumber dan teknik/metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Tartil di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros dimulai dengan pembukaan, kegiatan inti, penutup. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Metode Tartil di Taman Pendidikan Al Qur’an Nurul Iman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros selama 2 minggu penelitian sebesar 8,3%.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL ALMANAR

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.