Elemen Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Penulis

  • Zeftiyani Aprelyanti STAI DDI Maros
  • sardinah dina
  • Salmia Salmia SDN 213 Inpres Sanggalea

Kata Kunci:

Elemen, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan elemen – elemen dasar pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penyusunan artikel ini adalah studi literature atau kepustakaan yang dimana peneliti mencari referensi dari berbagai sumber seperti buku, artikel, majalah, jurnal, google scholar dan lainnya, tentunya yang terkait tentang elemen – elemen dasar pembelajaran tematik disekolah dasar. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa elemen dasar pembelajaran tematik terbagi menjadi 3 yaitu: komponen pembelajaran tematik, aktivias pembelajaran tematik, dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran tematik. Komponen pembeljaran tematk meliputi; bahan ajar, integrasi, kolaborasi, masyarakat sebagai sumber belajar, waktu dan pemberdayaan. Aktivitas pembelajaran tematik; keberadaan aktivitas dalam suatu pembelajaran sangatlah penting sekali. Tanpa ada aktivitas maka proses belajar tidak mungkin berlangsung dengan baik. Macam-macam kegiatan (aktivitas belajar) yang dapat dilakukan peserta didik di kelas hanya mendengar atau mencatat. Dan keterlibatan orang tua secara terperinci menjadi 6 tipe keterlibatan, yakni: parenting, komunikasi, relawan, belajar di rumah, pengambil keputusan, dan kerja sama masyarakat. Unit pemebelajaran tematik memiliki beberapa kekhasan yaitu secara khusus terdiri dari 3 elemen utama yaitu: fakta-fakta dan informasi, topik, dan tema-tema. Tema yang dikembangkan memuat topik dan fakta-fakta informasi. Oleh karena itu, pembelajaran ini bersifat ramah otak, guru harus mampu mengidentifikasi elemen-elemen lingkungan yang mungkin relavan dan dapat dioptimasi ketika berinteraksi dengan peserta didik selama proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

11-11-2024

Cara Mengutip

Aprelyanti, Z., dina, sardinah, & Salmia, S. (2024). Elemen Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JURNAL SARAWETA, 2(2), 185–195. Diambil dari https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/saraweta/article/view/158

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>