Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Kurikulum merdeka belajar memakai teori humanistick dan konsep dasar perkembangan zaman
Kata Kunci:
merdeka belajar, Teori humanistick, konsep dasarAbstrak
Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang mengikuti zamannya dan mampu memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Konsep merdeka belajar merupakan perkembangan terbaru dari kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini. Konsep merdeka belajar berkaitan dengan teori belajar, teori belajar termasuk bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pendidikan, salah satu teori yang ada yaitu teori belajar humanistik. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi pustaka, Konsep merdeka belajar dan teori berlajar humanistik memiliki kemiripan, keduanya menekankan aspek kebebasan, mandiri dan fleksibilitas serta memiliki tujuan yang sama yaitu memanusiakan manusia. Kedua konsep tersebut berpandangan bahwa pembelajaran dapat berlangsung di mana saja, baik diluar kelas maupun didalam kelas. Untuk melaksanakannya diperlukan penanganan yang memberikan perhatian terhadap aspek strategis pendekatan yang tepat ketika individu belajar.