Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Kurikulum merdeka belajar memakai teori humanistick dan konsep dasar perkembangan zaman

Penulis

  • Mantasia STAI DDI MAROS
  • Atifah STAI DDI MAROS
  • Salmia Salmia SDN 213 Inpres Sanggalea

Kata Kunci:

merdeka belajar, Teori humanistick, konsep dasar

Abstrak

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang mengikuti zamannya dan mampu memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Konsep merdeka belajar merupakan perkembangan terbaru dari kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini. Konsep merdeka belajar berkaitan dengan teori belajar, teori belajar termasuk bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pendidikan, salah satu teori yang ada yaitu teori belajar humanistik. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi pustaka, Konsep merdeka belajar dan teori berlajar humanistik memiliki kemiripan, keduanya menekankan aspek kebebasan, mandiri dan fleksibilitas serta memiliki tujuan yang sama yaitu memanusiakan manusia. Kedua konsep tersebut berpandangan bahwa pembelajaran dapat berlangsung di mana saja, baik diluar kelas maupun didalam kelas. Untuk melaksanakannya diperlukan penanganan yang memberikan perhatian terhadap aspek strategis pendekatan yang tepat ketika individu belajar.

Unduhan

Diterbitkan

17-04-2024

Cara Mengutip

Mantasia, Atifah, N., & Salmia, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Kurikulum merdeka belajar memakai teori humanistick dan konsep dasar perkembangan zaman. JURNAL SARAWETA, 2(1), 60–67. Diambil dari https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/saraweta/article/view/100

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>