Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II

Penulis

  • Sri Wahyulia STAI DDI MAROS
  • Rahmat Rizal STAI DDI MAROS
  • A. Syarifah Assaggaf STAI DDI MAROS

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya melalui proses pembelajaran di sekolah. Kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar di Indonesia masih perlu ditingkatkan, karena membaca menjadi dasar untuk memahami berbagai ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II melalui model pembelajaran Reading Aloud, yang melibatkan aktivitas membaca nyaring untuk memperbaiki pengucapan, pemahaman, dan rasa percaya diri siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan dilakukan dalam dua pertemuan per siklus, menggunakan cerita "Kancil Mencuri Mentimun" sebagai materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa. Pada tes awal, ketuntasan belajar hanya mencapai 40%, meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II dengan nilai rata-rata meningkat dari 62,2 menjadi 74,8. Aktivitas guru dan siswa juga meningkat, terlihat dari skor observasi yang naik dari 17 menjadi 42 untuk guru dan 14 menjadi 34 untuk siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran Reading Aloud efektif meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas II, mencapai target ketuntasan belajar 80%, sehingga tidak diperlukan siklus lanjutan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pendekatan interaktif dalam pembelajaran untuk mendukung literasi siswa

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2025

Cara Mengutip

Wahyulia, S., Rizal, R., & Assaggaf, A. S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II. JURNAL SARAWETA, 3(1), 183–196. Diambil dari https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/saraweta/article/view/269

Terbitan

Bagian

Artikel