Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Implementasi, kurikulum merdeka, sekolah dasarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan tentang keterlaksanaan dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN 213 Inpres Sanggalea sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk meneliti informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SDN 213 Inpres Sanggalea telah dilaksanakan dan sedang berlangsung, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat tantangan dan hambatan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun Kurikulum tersebut memiliki tujuan untuk memberikan ruang agar peserta didik dapat berpikir kreatif dan aktif. Pergeseran peran dari guru dalam kurikulum ini adalah fungsinya yang beralih menjadi fasilitator di kelas. Tidak hanya untuk mengingat, Kurikulum Merdeka memiliki tujuan membentuk generasi yang mampu memahami materi dengan cepat. Pembelajaran yang fleksibel juga diharapkan mampu memberikan ruang lebih bagi peserta didik untuk dapat mengungkapkan kreasinya dalam bidang yang disukai. Serangkaian alat bantu harus disediakan untuk mendukung penggunaan belajar secara mandiri. Peralatan yang memadai diperlukan untuk mengimbangi pertumbuhan yang cepat. Digitalisasi sangat penting untuk pengembangan kurikulum di sekolah dasar. Kurikulum pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Ini diharapkan lebih baik dari sebelumnya dalam praktiknya. Akibatnya, implementasi digitalisasi diperlukan. Digitalisasi sekolah sangat penting karena perubahan dan perkembangan zaman. Teknologi dan ilmu pengetahuan juga sangat penting