Peran Guru Dalam Aktivitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Quran Qaf Kecamatan Mandai Kabupaten Maros

Penulis

  • Nurfaidah Samad stai ddi maros
  • Abd Gani STAI DDI Maros
  • Salmia STAI DDI Maros

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam aktivitas belajar IPA melalui model pembelajaran Picture and Picture pada Peserta Didik kelas V SD Quran Qaf Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar IPA melalui model pembelajaran Picture and Picture materi ekosistem. Guru harus melibatkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran khususnya mata Pelajaran IPA di kelas V SD Quran Qaf Maros.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menjawab bagaimana peran guru dalam aktvitas belajar IPA. Pengumpulan di lakukan dengan cara oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil peneitian ini menemukan peran guru dalam menerapkan model pembelajaran Picture And Picture bahwa guru berperan penting untuk siswa dimana sebagai pembimbing, pengajar, pengelola kelas, fasilitator, dan evaluator. Dan guru juga bisa sebagai pemberi inspirasi beserta dorongan dalam perkembangan sikap dan tingkah laku siswa.Kendala guru dalam menerapkan model pembelajaran Picture And Picture adalah guru terlalu banyak menggunakan imajinasi dan intuisi siswa dalam pembelajaran, membutuhkan banyak biaya untuk pembuatan gambar, guru susah payah menemukan gambar yang sesuai dengan pembelajaran karena tidak semua materi pembelajaran dapat digunakan dalam bentuk gambar, apalagi dalam bentuk gambar yang tidak berurutan, dan cukup memberatkan guru, terutama untuk mencari gambar yang sesuai dengan tema pelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

02-10-2023

Cara Mengutip

Samad, N., Abd Gani, & Salmia. (2023). Peran Guru Dalam Aktivitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Quran Qaf Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. JURNAL SARAWETA, 1(2), 166–173. Diambil dari https://ejurnal.staiddimaros.ac.id/index.php/saraweta/article/view/61

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>